Pages

Wednesday, January 9, 2013

SEMBILAN BELAS HARI DIATAS SADEL SEPEDA DAN NAIK GUNUNG



Berkat dorongan kawan kawan yang ingin mengikuti perjalanan sepeda turing kami ke 5 propinsi di Sumatra serta pendakian Gunung Dempo maka kami mencoba menulis ulang dan mengumpulkan catatan perjalanan tersebut.sebagian catatan perjalanan sampai hari ke delapan sudah pernah kami publish melalui email   
Alhamdulillah walaupun sederhana tapi kami telah mencoba menyelesaikan seluruh catatan perjalanan,tadabur alam atau kegiatan bikepacker dan mountaineering yang kami lakukan selama 19 hari dimulai dari 6 s/d 24 November 2012.
Disamping cerita perjalanan Aku dan Basket case mencoba share foto perjalanan agar pembaca mudah dan ikut merasakan pahit dan manisnya perjalanan ini insyallah.
Kami touring ini hanya untuk menyalurkan hobi bersepeda sambil menikmati alam dan budaya masyarakat dari dekat dan ingin merasakan process dari perjalanan tersebut.
Ini adalah tentang perjalanan, bukan tujuan ...Karena hidup adalah sebuah Perjalanan.
“Allah telah menjadikan bumi terhampar luas untukmu, agar kamu dengan bebas meniti jalan-jalan yang terbentang di bumi” (Al Quran Surat Nuh: 19-20)

Keinginan ini sudah lama ku pendam,physic dan mentalku sudah kupersiapkan tapi berhubung keterbatasan waktu dimasa masih aktif bekerja formal di CPI dulu keinginan itu terpaksa aku tunda sampai masanya aku punya waktu yang tidak mengikat yaitu dimasa pensiun ini,aku ingin melihat dan merasakan dunia ini lebih dekat,aku ingin menyapa setiap keasingan yang kutemui,bukankah ada ayat Allah yang mengatakan :

“Dialah yang membentangkan bumi dan menciptakan gunung-gunung dan sungai-sungai disana. Dia menjadikan semua jenis buah-buahan, masing-masing berpasangan. Dia pulalah yang menutupkan malam pada siang. Sungguh, dalam semua itu terdapat ayat-ayat kebesaranNya bagi kaum yang mau berpikir” (Al Quran Surat ar Ra’ad: 3)
Petikan dari buku “La Tahzan” karya DR. Aidh Al-Qarni “
Katakanlah: Berjalanlah di muka bumi!”
Di antara perkara yang dapat melapangkan dada dan meleyapkan awan kesedihan dan kesusahan adalah berjalan menjelajah negeri dan membaca “buku penciptaan” yang terbuka lebar ini untuk menyaksikan bagaiman pena-pena kekuasaan menuliskan tanda-tanda keindahan di atas lembaran-lembaran kehidupan. Betapa tidak, karena anda akan banyak menyaksikan taman, kebun, sawah dan bukit-bukit hijau yang indah mempesona.
Keluarlah dari rumah, lalu perhatikan apa yang ada di sekitar Anda, di depan mata anda, dan di belakang Anda! Dakilah gunung-gunung, jamalah tanah di lembah-lembah, panjatlah batang-batang pepohonan, reguklah air yang jernih, dan ciumkan hidungmu di atas bunga mawar! Pada saat-saat yang demikian itu, Anda akan menemukan jiwa Anda benar-benar merdeka dan bebas seperti burung yang berkicau melafalkan tasbih di angkasa kebahagiaan. Keluarlah dari rumah Anda, tutup kedua mata Anda dengan kain hitam, kemudian berjalanlah di bumi Allah yang sangat luas ini dengan senantiasa berdzikir dan bertasbih.

Marilah sekali-kali kita membaca Al-Qur’an di tepi-tepi sungai, di pinggiran hutan yang rimbun, di antara burung-burung yang sedang berkicau membaca untaian puisi cinta, atau di depan gemericik aliran air sungai yang sedang mengisahkan perjalanannya dari hulu ke hilir. Marilah sesekali kita berjalan menjelajah pelosok negeri untuk mencari ketenangan, bergembira, berpikir, dan sekaligus menghayati ciptaan Allah yang sangat luas ini.
(Dan, mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata):”Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau”)
(Al Quran surat Ali Imran: 191)

Aku memilih bersepeda untuk perjalanan jarak jauh ini ,dari atas sadel sepeda aku akan lebih mudah berinteraksi dengan Alam,aku bisa merasakan kerasnya alam supaya bibir kami lebih ringan untuk ber-igtifar,kami bisa berlama lama memandang alam agar hati kami lebih tunduk dan bertasbih padaNya.
Mudaha mudahan perjalanan ini ada nilai ibadahnya disisi Allah dan pengalaman pengalaman yang kami catat selama 19 hari perjalanan semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi reference bagi yang berkeinginan melakukan kegiatan yang sama….selamat mengikuti perjalananku……
LIPUTAN RIAU POS

No comments:

Post a Comment