Pages

Wednesday, October 19, 2016

2.Tour de Borneo


14oktober16
Selesai sarapan pagi di warung makan depan hotel muslim,kami langsung check out dari hotel.
Hari ini kami akan menuju Sukadana di pulau Datuk dan naik feri di dermaga Rasau jaya yang berjarak udara cerah dan kendaraan yang masih sepi di jalan imam bonjol pontianak membuat kami lebih leluasa memacu sepeda keposko tempat kumpul sebelum berangkat ke dermaga fery
Kebetulan di pontianak lg ada event sailing dari pulau datuk ke Sukadana yg besok diresmikan oleh presiden Jokowi. Kami diajak oleh teman pemda pontianak ikut gowes Sail Karimata memeriahkan acara sailing tersebut. Utk goweser di loading dgn kapal fery dari pelabuhan Rasau Jaya menuju pulau Datuk selama 13 jam.
Setelah 10km perjalanan aku lihat mendung awan hitam bergayut dilangit siap menumpahkan isinya kebumi,tidak berapa lama hujan besar mengguyur deras,aku memilih berteduh di warung tegal terdekat,teh panas aku pesan untuk agar lebih enak duduk disitu. Hujan mulai reda kami mulai gowes lagi dan hujan gerimis masih tetap turun,syaiful memakai jas hujannya namun aku tetap pakai baju biasa karena sudah tanggung basah,kebiasaanku dari dulu kurang nyaman memakai jas hujan dan biasanya baju ku yang basah tadi akan kering sendiri dibadan...kebiasaan jelek jangan ditiru ya..hehe
Diperjalanan beberapa pesepeda mendahului kami kencang dari belakang,pontianak memang bertabur dengan atlit atlit road bikenya yang berprestasi nasional dan asean.
Hujan kembali lebat dan kami berhenti untuk sholat jumat di masjid jamik di desa Rasau jaya. Hujan belum kunjung berhenti hingga jam 14 kami lanjutkan mendayung lebih kurang 30menit aku melihat bentangan sungai Rasau yang lebar. Kami yang basah kuyup menyelusup masuk dengan sepeda kebawah konopi sebuah warung,beberapa pesepeda yang satu tujuan memberi kami ruang untuk duduk,secangkir kopi panas dan candaan pesepeda kembali menghangatkan tubuhku.
Jam 16 tepat,300 sepeda mulai diloading ke fery di bawah guyuran hujan aku menuntun sepeda yang beratnya 32kg ke fery kawan lain ikut bantu mengangkat sepedaku ke pintu.
Masing masing sibuk menyusun  sepeda di deck.
Peserta sail Karimata tour ini umumnya pesepeda lokal dan Malaysia dan termasuk kami sebagai peserta dadakan dari Pekanbaru. Syaiful berbisik,"kita jadi celebriti dadakan" karena digilir untuk selfi...wkwk
Kapal mulai berangkat,aku dan syaiful mencari tempat buat istirahat,tapi tempat sedah penuh semua mulai dari lantai sampai kursi penuh dengan orang,aku mengambil sedikit ruang dilantai lorong untuk selonjor,Alhamdulillah anak muda yang selonjor disampingku memberi ruang lebih luas hingga aku bisa merebahkan tubuhku yang serasa mau rontok bisa tidur dengan kaki di tekuk.
Gemuruh bunyi mesin dan dinginnya lantai besi membangunkanku jam 02pagi,sejak itu tidak tidur lagi karena setengah jam lagi kapal sudah sandar.

No comments:

Post a Comment