Pages

Tuesday, October 18, 2016

1.Tour de Borneo

Jelajah Kalimantan.
Kamis 13 Oktober 2016 dengan diantar keluarga aku dan Syaifull Highlander memulai Safar ke pulau ketiga terbesar di dunia yaitu kalimantan atau Borneo yang dikenal juga dengan pulau seribu sungai. Keinginan yang lama terpendam untuk mengenal langsung dan merasakan eloknya budaya dan persadanya akhirnya kamis jam 13 sore kami diizinkan Allah menginjakan kaki di Pontianak sebagai titik awal safari ini kemudian dilanjutkan ke  pulau datuk Kabupaten Kayong Utara,lalu ke kuching serawak,entikong,palangkaraya,Banjarmasin dan berakhir di Balikpapan dengan total jarak lebih kurang 2335km.
Keramahan kalimantan khususnya warga pontianak mulai terasa sewaktu kami merakit sepeda di shelter bandara sapadio. Mereka menyapa dan ikut membantu merakit,logat bahasa melayu seakan aku berada di Riau.
Jam 17 sore sepeda kami selesai dirakit,kayuhan awal dilepas lambaian dan ucapan selamat jalan dari warga yang bersimpati menambah semangatku,aku kayuh pelan mengikuti syaiful dari belakang.
Kami menuju kota, cuaca cerah dan jalanan tidak begitu ramai,dibeberapa tempat terlihat anggota TNI berjaga jaga kemungkinan karena kedatangan presiden besok dalam rangka pembukaan festival Sail karimata.
Diperjalanan kami di cegat seorang pesepeda dan ternyata pak Adrianus Babaro sengaja menunggu kedatangan kami, beliau memantau kami sejak 3minggu sebelumnya.
Pak Adrian memandu kami didepan ,memasuki kota hari mulai gelap dan jalanan mulai ramai dan sedikit macet,kami istirahat di bengkel sepeda di jalan Imam bonjol konon disini tempat berkumpulnya komunitas sepeda se Pontianak.
Malam ini kami putuskan untuk menginap di hotel Muslim dengan sewa rp93.500 semalam,lumayan mewah menurut ukuranku....hehe.
Selesai berbenah,mandi dan cuci pakaian,kami dijemput pak Syarif Imran yang mantan atlit sepeda,beliau membawa kami ke jalan Gajahmada,kota yang unik menurutku sepanjang jalan dipenuhi cafe cafe di udara terbuka dan masing masing cafe umumnya dikunjungi komunitas tertentu,pak syafri beserta istri membawa kami ke cafe komunitas pesepeda,kami berbincang dengan beberapa orang,terasa akrap sekali hingga jam 23malam kami diantar ke hotel untuk istirahat guna persiapan rally dalam acara festifal perahu layar selat Karimata di pantai pulau datuk Kayong utara esok pagi.