Pages

Friday, December 7, 2018

6.Jelajah eropa"bertemu warga indonesia di Belanda "

Sabtu 6 oktober

Sepeda kami kembali melaju dari appartemen Metha di daerah Rhon ke arah selatan menuju Kortgene dengan melintasi tiga pulau yang terhubung dengan jembatan jembatan yang super panjang.kami masuk kota odeland lalu terus kearah niew helvoet lalu menyebrang melalu jembatan ke kota Havenhoof pemandangan yang cantik terlihat kearah ke kota ouddrop. Kami sangat bersyukur udara yang cerah dan suhu dikisaran 22c hampir sama dengan di Indonesia bedanya angin yang bertiup dicukup dingin terasa ke tubuh.

Aku turun dari sepeda sewaktu melewati dam yang menghubungkan kota oddrop dengan kota Scarenchdike.

Aku mengirim pesan singkat pada Roell bahwa kami sudah berada di Zierikze dimana disitu kami sempat menyaksikan pelabuhan kuno peninggalan spanyol dulu. Sepeda kami kayuh bersemangat melewati jembatan zeelandburg yang panjangnya sampai 6km,tapi rasanya tidak bosan diatasnya karena cuaca cerah membuat pemandangan kearah pulau menjadi lebih bagus.

Lebih kurang 12km sebelum sampai di desa Kortgene,kami ditunggu oleh Roell dan Esther diujung jembatan Zeeland burg di pulau Noord Beveland,mereka betul betul ekpresive  dan berteriak menyambut kami diujung jembaan. Ini adalah suatu kejutan karena Mereka tidak menyangka kami bersedia mampir ke desa mereka.

Pertemuan yang sangat expressive yang sempat di videokan tanpa sengaja oleh Joker.

Dari jembatan zeelandburg kami jalan bersama Roell dan Esther ke arah Kortgene dan sampai di rumahnya ekitar  setengah jam kemdian.

Roell dan Esther yang dua tahun lalu pernah tinggal dirumahku diRumbai selama tiga hari,menempati suatu rumah yang cukup mewah didaerah turis Kortgene,mereka hanya berdua dan belum punya anak.

Malam itu Roell memasak persiapan makan malam buat kami dam semua pakaian kotor disuruh kumpul dan di cuci oleh esther,sungguh kami merasa diperlakukan sangat istimewa. Kami mengobrol pengalaman sewaktu mereka aku bawa ikut acara fun bike di kota pekanbaru dulu,hal tersebut sangat berkesan bagi mereka.

Aku isterahat dua hari dirumah mereka karena mereka berniat membawa kami melihat pulau Baveland secara menyeluruh,hari senin sengaja mereka berdua meliburkan diri khusus untuk menemani kami,aku sangat menghargai pengorbanan mereka tersebut.hari kedua di pulau Baveland kami dibawa melihat ladang pertanian apel,peer dan peternakan sapi,lalu kami pergi melihat dam otomatis untuk penangkal arus laut agar pulau yang dibawah permukaan laut tidak banjir sewaktu badai besar dari samudra yang pernah menenggelamkan pulau Beveland,sungguh luar biasa tekhnologinya,aku menyaksikan kapal keruk pasir yang bekerja rutin tiap hari mengembalikan pasir pantai yang terbawa ombak kembali dipindahkan ke darat.

Saatnya kami untuk melanjutkan perjalanan menuju Antwerpen yang berjarak lebih kurang 80km dari Kortgene.

Hari selasa 9 Oktober selesai mempersiapkan makan pagi untuk kami lalu Roell dan Esther berangkat kerja saat itu kami berpisah dan tidak lama kemudian kamipun keluar rumah mengayuh sepeda kearah selatan.

Pagi yang indah dan cerah,langit biru,kami dengar kicauan burung.

Merah putih ku kembali berkibar ditiup angin dan menyapa setiap orang yang dilewatinya di pagi yang indah itu.

Disatu tikungan masuk jalan Hofdstraat aku dilambai dan disapa seorang lokal "hello Indonesia" aku juga melambai sambail menyapa "Hello".

Kira kira sepuluh menit setelah itu didepan kami tiba tiba parkir sebuah mobil dan seorang ibu yang berwajah asia dan necis menyapa kami "selamat pagi pak" bukan main senangnya mendengar sapaan tersebut dinegri asing ini,aku parkir sepeda lalu menyapa..haaah ibu orang Indonesia rupanya.. ibu ella yang menetap di kota Kertgene dan bersuamikan orang lokal telah mengejar kami sewaktu diberi tahu suaminya yang melihat ada seseorang bersepeda membawa bendera Indonesia.

Terimakasih bu ella yang berbaik hati untuk berhenti dan menyapa kami,ada rasa bangga karena masih ada orang Indonesia yang sangat peduli ketika melihat merah putih dan saudaranya sebangsa di negri asing. Semoga ibu tetap sehat dan sukses dirantau dan jangan lupa mampir kalau ibu kebetulan ke pekanbaru.

Salam merah putih...🙏

Jalan sepeda yang kami tempuh mulus sekali hanya saja kami sering kesasar disetiap persimpangan,pernah sewaktu kami akan memasuki jembatan di Belgia ternyata jembatannya di angkat atau terputus,mungkin jembatan tersebut ada scheduke buka tutupnya untuk kapal lewat,akhirnya kami harus putar arah mencari jalan alternatif berputar mencari jembatan yang terpasang di selat scheldt memasuki kota Antwerpen tersebut.

Terasa geliatnya kota Antwerpen yang unik dengan gedung gedung tua yang terawat,penduduknya terlihat berpakaian rapi dan kalau berjalan cepat mungkin ini pengaruh cuaca dingin kalau jalan cepat badan akan jadi hangat,banyak juga para pesepeda sepertinya disini sepeda juga jadi alat transport yang favorit,beda dengan Indonesia kalau di daerah eropa dan antwerpen ini orang bersepeda berpakaian necis pakai jas seperti orang kantoran.

Aku berhenti istirahat disuatu alun alun kota yang ada kursinya dan istirahat sebentar disitu dan makan bekal roti yang ada.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke jalan charlotale Antwerpen yaitu rumah Andoni Michelena warga lokal yang akan menampung kami malam nanti.

Menjelang apartemen Andoni tinggal sering seringberpapasandengan orang orang Jew yang berkemeja putih dan jas hitam dan ciri khasnya mereka lagi memanjangkan rambut di kiri kanannya sampai kadang kadang ke bahu, laki laki tua muda kecil semuanya seperti itu,dan biasanya mereka pedagang dan ahli mengolah berlian atau diamond. Mengetahui daerah tersebut banyak jahudinya aku sedikit agak khawatir kalau seandainya dia seorang jew mungkin dia akan keberatan juga menerima mengetahui kami muslim,

Sampai di apartemen Andoni aku meenelponnya dan tidak berapa lama seorang laki laki paroh baya muncul sambil gendong anak,aku menyalaminya sambil kenalkan diri. Kami masuk lift yang kelihatan sudah tua dengan pagar dari jeruji besi dan berhenti di lantai delapan. Apartemen Andoni dilantai delapan ini cukup luas dan mewah menurutku,beda dengan tampilan luar dari gedung ini yang kelihatan kuno.

Saya dan joker diberi satu kamar dan kasur empuk.

Andoni seorang dosen di universitas Antwerpen,dotor dibidang chemistry dan salah satu hobinya juga bersepeda touring jarak jauh. Sudah hampir seluruh benua di kelilinginya dan kalau sekali turing akan makan waktu satu tahun,kemudian istirahat mengajar dan disambung lagi lain waktu. Rencananya tahun 2019 akan touring bersepeda lagi dari alaska lewat pantai barat Usa dan Berakhir di Argentina Amerika selatan. Hanya saja indonesia belum pernah didatanginya dan dia sudah agendakan akan ke indonesia setelah turingnya di Amerika. Andoni sangat memperhatikan kebutuhan kami karena katanya dia akan berbuat yang terbaik untuk pesepeda jauh karena dia bisa merasakan bagaimana perasaan seorang peturing sepeda.

Pagi tadi 10oktober dari rumah Andoni Machelin teman warmshower orang lokal di daerah charlotte Antwerpen kami berangkat menuju Brussel.

Cuaca cerah namun kami tetap memakai wind breaker karena masih belum kuat menahan sejuknya tiupan udara dingin. Semakin siang matahari makin terasa hangat dikulit,terlihat dari smartphone suhu 21c sepertinya menyamai di Indonesia. Kami mengayuh lebih santai karena jarak yang akan ditempuh sampai kbri Brussel hanya 50km. Belgia termasuk negara yang juga nyaman untuk pesepeda dan pejalan kaki,jalan khusus sepeda denga cor warna merah dibuat terpisah dari mobil,tidak ada satupun kendaraan mobil yang coba coba memasuki jalan pesepeda atau pejalan kaki karena dendanya terlalu tinggi. Aku berangan angan dalam perjalanan ini,Pekanbaru punya potensi jadi kota sepeda karena kontur jalannya yang datar dan masih dalam pengembangan kota,kalau pembangunan direncanakan dengan jalan khusus sepeda yang terpisah lalu ditanami pohon pohon yang rindang tentu banyak warga yang akan gunakan sepeda sebagai alat transportnya dan hal ini tentu mengurangi polusi,boros bbm dan mengurangi kemacetan.

Saat ini umumnya uni eropa sudah mengurangi pemakaian bahan bakar gas dan minyak sampai 40%,yaitu mengambil tenaga surya,angin,ombak dan memakai kendaraan sepeda. Sepertinnya semakin maju suatu negara warganya semakin sadar untuk bersepeda guna mengurangi polusi udara dan menjaga kesehatan.

Beberapa ruas jalan sebelum memasuki kota Brussel sedang dalam perbaikan,aku coba bertanya ke petugas perbaikan saat itu kenapa harus dibongkar jalan sebagus ini?dan dia menjawab jalan ini sudah lima tahun dan kelihatan sedikit begelombang,katanya bisa membahayakan pesepeda,suatu komitmen pemerintah yang ingin menghindarkan warganya dari kecelakaan sangat aku kagumi.

Setelah menempuh perjalanan dari Antwerpen Sejauh lebih kurang 52 km akhirnya jam 14.15 waktu setempat kami sampai di KBRI Brussel.

Alhamdulillah kami disambut oleh ibu Ance Maylany sekretaris pertama dan atase perindustrian bapak Ari Indarto Sutijatmo dan beberapa staff kbri.

Pada kesempatan yang sama kami berkesempatan beramah tamah dengan bapak Yuri Octavian Thamrin yang berasal dari Payakumbuh sebagai Duta besar luar biasa dan berkuasa penuh RI untuk BELGIA

MERANGKAP LUKSEMBURG & UNI EROPA. Setelah menyampai kan misi kami untuk silaturahim dengan masyarakat eropa serta promosi wisata riau dan charity ride untuk pesantren wakaf yayasan Al Marwa Riau  yang kami bina di Pekanbaru lalu menyerahkan postcard wisata Riau pada pak Dubes dan menyampaikan salam dari kadin wisata Riau. InsyaAllah hari ini kami istirahat dan jadi tamu di KBRI Brussel sebelum melanjutkan perjalanan esok hari.

(bersambung)

1 comment:

1. AJO_QQ poker (k)
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!! :d
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856 ;-)