Pages

Friday, July 10, 2015

Gowes Berkeley to Martinez

Sudah sebulan lebih di San Fransisco belum sekalipun gowes,pada hal jalan jalan kotanya semua di lengkapi dengan bike lane yang membangkitkan hasrat untuk kayuhan sepuas puasnya....
Sebetulnya,kalupun kita tidak punya sepeda pribadi maka tempat tempat rekreasi seperti golden gate bridge,union square dan China town menyediakan rental sepeda jam jaman atau seharian penuh, tapi harga rentalnya perjam rata rata us$15/jam atau Rp195,000 per jam,rental satu jam terlalu singkat ngga bisa kemana mana,enaknya 5 jam baru bisa jalan sekitar objek wisata di golden gate bridge,tapi mengeluarkan uang untuk rental bike hampir satu juta sungguh aku belum tega...... katro kayak aku ke Amrik setiap melihat harga otaknya otomatis mengkonversi ke rupiah..jangan ditiru ya...wkwkkk.
Kayaknya lebih bagus beli sepeda dari pada rental.
Hari ini Selasa 17.march 2015 bertepatan dengan hari st Petric day aku akan meminang si hitam manis yang aku temukan di web site craigslist yaitu "WorkCycles Secret Service Mens Bike" ...wuuiih namanya kreen dan murah meriah.
Sekitar jam 14 waktu San fransisco aku menuju rumah penjual sepeda di daerah Murray st Berkeley. Tidak begitu sulit menemukan tempat tersebut yang lokasinya agak sepi. Beberapa mobil diparkir dipinggir jalan tapi orangnya tidak satu pun terlihat di jalan aku agak ragu juga  mengetuk pintunya terbayang film film criminal didaerah Bronx yang menjual narkoba. Lama aku cari cari letak bell tapi tidak ketemu yang ada hanya keyboard kunci electronic. Selagi mikir akan menelpon,tiba tiba pintu terbuka lalu muncul seorang muda kulit putih tinggi kurus berjambang lebat persis Archimedes..
Hi man..dengan gaya selatannya menyapa ku..lalu mempersilahkan aku masuk ruang kerjanya untuk memperlihatkan sepeda yang akan di jualnya,ruangan kerjanya seperti dipenuhi harta karun dengan koleksi sepeda sepeda kuno keluaran eropah,dengan mecerocos dia mengenalkan beberapa sepeda import yang di rekondisinya,ada satu sepeda yang tinggi sekali ternyata sepeda tersebut dibuatkan untuk seorang pemain basket NBA yang tubuhnya setinggi 190cm.
Aku menuju sepeda jenis commuter made in Holland satu tahun pakai, tapi masih mulus dan terawat,aku minta izin dan mencoba kendarai di jalan ternyata masih bagus,inner gear hub serta dinamo hub  ditambah sadle brook dan pannier gratis makin menambah ketertarikanku dengan sepeda tersebut. Kemudian aku membayar dengan harga yang sudah disepakati. Aku lihat jam sudah menunjukan jam 15 sore,aku harus segera pulang karena khawatir kemalaman dijalan.
Ini adalah hari pertamaku turing di USA,dengan sedikit grogi aku melihat jalan yang harus ditempuh di google map kemudian langsung meluncur dengan tujuan Martinez yang berjarak 25mil atau lebih kurang 45km,kalau estimasi google map jarak tersebut bisa sitempuh dalam 2jam 40menit dengan catatan tanpa nyasar.
Keluar dari murray str masuk jalan russel str kemudian aku jadi bingung juga mengikuti rute google map yang rasanya tidak sesuai dengan posisi saat itu.
Mobil dan kendaraan lain dipersimpangan jalan selalu mendahulukan pesepeda dan pejalan kaki,pernah satu kali aku berhenti dipinggir dekat penyeberangan pejalan kaki sewaktu memastikan posisi di google map yang terpasang di handle bar,beberapa mobil berhenti dan sopirnya memberi aba aba mempersilahkan aku menyeberang,tapi kemudian aku balas dengan lambaian menyuruhnya lewat,barulah mobil itu berani jalan, ditempat keramaian lainpun perlakuan drivernya santun seperti itu,belakangan aku ketahui tidak mendahulukan pejalan kaki adalah satu pelanggaran dan bisa di tilang...!
Sepanjang Spurce str jalan nya agak menanjak aku mendorong sepeda sampai kira kira 500meter lalu lanjutkan mendayung lagi,jalannya yang mulus mulai menurun kiri kanan rumah rumah yang asri dan mewah,sekali sekali berpapasan pesepeda road bike yang meluncur laju,mobil sudah jarang muncul mungkin ini daerah perumahan.
Sepanjang wildcat canon road kita sisuguhi pemandangan pohon pinus besar mungkin ini sejenis red wood,cahaya matahari terhambat oleh rimbunnya pohon ponon dipinggir jalan,udara mulai terasa dingin,lalu disatu posisi puncak aku berhenti istirahat untuk memakai baju dingin. Keringat yang tadi terserap baju sekarang menjadi begitu dingin ditubuh.
Aku melanjutkan kayuhan hingga melewati San Pablo Dam Road dan sebelah kiri ada lembah yang ditengahnya danau atau San Pablo Reservoir,indah sekali danau ini dilihat dari atas dengan pancaran cahaya matahari sore yang merah tembaga ditambah hijau lembah yang menyejukan mata.
Sinar mentari sore dari arah danau sedikit menghangatkan tubuh,dulu aku kurang menghargai cahaya matahari tapi sekarang di negri empat musim ini aku lebih menghargai dan mensyukuri cahaya mentari...Alhamdulillah.
Dekat camino pablo tiba tiba hp sebagai penunjuk jalan batraynya lowbat,lalu aku pasang powér bank agar google map sebagai penunjuk jalan tetap nyala. Aku sangat kawatir google map menghilang karena aku sangat buta arah yang dituju,untuk menghindari kehilangan arah aku tidak berani mengutak atik hp sekalipun untuk berfoto atau melihat miss call yang ada.
Dari camino pablo aku masuk kiri ke jalan Bear creek rd dan menyelusuri kaki bukit Briones regional park yang berliku dan menanjak. jalan sepi dari kendaraan dan dikiri kanan jalan banyak di jumpai range tempat pemeliharaan kuda dan kadang terlihat orang sedang menunggang kuda,persis seperti film cowboy zaman dulu suasananya,aku ingat pak Indra di Indonesia yang hobi kuda memintaku mendatangi horse stables seperti itu kemudian menceritakan pengalaman itu,tapi saat ini belum bisa karena aku berpacu dengan waktu yang hampir malam,mudah mudahan ada waktu khusus untuk itu.
Aku sampai dipertigaan Alhamra valley rd lalu belok kiri,disini sepeda harus aku dorong karena tanjakannya tinggi dan panjang,udara dingin menyebabkan kaki terasa kram,aku berhenti sesaat lalu lanjut jalan pelan pelan.
Diujung Alhamra valley ketemu John Muir Nasional park disini,aku berusaha mengingat daerah ini dan perasaanku mulai tentram karena aku sudah paham dan mengetahui daerah ini,ternyata aku sudah memasuki kota Martinez. Sepanjang jalannya banyak ditumbuhi pohon cherry blasom yang sedang bersemi dengan bunganya yang memutih bagai kapas dan sebagian gugur ke jalan sehingga berbentuk salju yang memutih.
Hari sudah menunjukan jam 19 malam yaitu waktu menjelang sholat magrib,jalan kota sudah kelihatan banyak mobil,sebelum gelap aku percepat kayuhan hingga sampai di rumah jam 19.30 malam.
Seisi rumah menyambutku dengan suprise,Nina,Bayu,Firly dan Raihan dari tadi mengkhawatirkan aku yang tidak bisa dihubungi dengan telpon,akhirnya mereka mencoba mencari dengan mobil tapi tidak ketemu. Dirumah aku cerita rute yang aku lalui ternyata rute yang aku ambil sudah di reroute ditengah jalan oleh google map ke jalan yang lebih jauh dan nanjak,ini disebabkan salah masuk pertigaan lalu secara otomatis google menyesuaikan,tapi
Alhamdulillah rutenya jadi bagus ada view danau dan valley,pengalaman pertama turing di Usa sangat mengesankan...
Salam sehat dari kami sekeluarga di Martinez