Pages

Wednesday, August 15, 2018

5.Warmshower yang misterius "Perjalanan bersepeda di Amerika"

​Dengan dibekali roti yang diolesi slei dan keju oleh ibu kevin,aku mengayuh sepeda menuju keselatan yaitu custel rock kalau bisa,tapi aku kurang percaya bisa sampai ke custel rock sejauh 130km sore ini dan lagi warmshower yang aku tuju di custel rock orangnya juga tidak ditempat jadi rasanya tidak semangat untuk lanjut kesitu.
Aku terus berpikir dan berdoa dicarikan tempat yang baik untuk istirahat malam ini ada sedikit kekhawatiran dihati yaitu dimana akan bermalam hari itu,aku coba cari camping ground di radius 80km melalui Google Map, tapi tidak bisa diketahui karena signal internet sangat lemah sehingga aku hanya bisa melanjutkan perjalanan tanpa tujuan yang jelas aku harus keselatan dan nanti kalau ketemu kota dapat sinyal bagus baru searching camping ground lagi,begitulah dalam pikiranku saat itu,....Udara cerah teidak terlalu dingin,mataku dimanjakan dengan pemandangan ladang ladang pertanian yang luas luas dikiri kanan tapi tidak ada orang yang ditemui,betul betul sepi negri ini pikirku dalam hati.

mirip lama
Didaerah Reiner di satu lahan peternakan aku melihat sekumpulan ternak berbentuk onta tapi lebih pendek dan agak kecil,mirip lama yang ada di Amerika selatan...aku berhenti sesaat dan berfoto disitu,dan sewaktu melanjutkan perjalanan didepan ada orang bersepeda dengan beban panier sedang berhenti beristirahat  nampaknya,aku berhenti dan menyapanya,lalu kami saling mengenalkan diri,namanya Gerald murphy atau belakangan biasa aku panggil Gery.

Gary berasal dari Pansilvania,dia bersepeda dari Seattle menuju Los Angles dan rencananya juga akan menelusuri pacific coast masuk dari Astoria,karena tujuan kami sama lalu kami jalan bareng,dia mengatakan akan camping hari ini di Lewis and clark state park yang masih berjarak 60km lagi dari tempat kami saat itu,aku mulai tenang mengetahui ada tempat camping yang tidak terlalu jauh.
Mulai saat itu aku jalan berdua dengan Garry,aku sedikit lega karena ada teman local yang bisa untuk ngobrol dan berdiskusi,Bayu anakku yang begitu mengkhawatirkan keselamatanku sekarang lebih nyaman mendengar aku dapat teman seperjalanan.
Tenino

Kami mejalani road 507 yang rata rata datar hampir tak ada tanjakan, di Tenino belok kiri kemudian lurus hingga sampai di kota Centralia yang cukup ramai,kami istirahat dan membeli makan siang di grocery Safeway,aku ingat pesan kawan yang sudah pernah lewat jalur ini dia bilang kamu akan sering menemui grocery safeway di jalur pacific coast jadi sebaiknya minta kartu member gratis disitu supaya dapat discount setiap belanja. Sambil bayar makanan yang aku ambil lalu aku minta kartu member,lumayan dapat discount 5% setiap belanja.
Centralia
Untuk keamanan barang aku gantian masuk grocery dengan Gery,satu potong sandwich berisi potongan ayam yang dicincang seharga us$6 sudah membuat perutku kekenyangan. Aku mencari gas buthan untuk memasak di camping nanti tapi tidak ketemu.
Kami melanjutkan perjalanan hingga sampai di Lewis and clark state park Washington pada sore hari jam 18.00 pm yang masih terang. Kami masuk sebagai hiker_biker jadi bayar camping ground seharga us $6. Aku lihat daftar harga untuk mobil RV campground us $25,aku sangat bersyukur pada Allah yang sudah mencarikan aku jalan bertemu dengan Gerry hingga membawaku ke Camp ground yang pas dengan waktu sore,tidak terbayang seandainya aku belum ketemu camp ground ini tentu akan berlanjut ke Custel Rock sekitar 30km lagi dan belum tahu harus menginap dimana,aku makin yakin doa musyafir selalu diijabah Allah dan rasa takut makin hilang dihatiku.

Gerbang masuk

baru sampai camp ground

camping ditengah hutan Red wood

Di campground ini ada dua jenis camping yaitu untuk camping para mobil RV dan campground para hiker_biker atau pesepeda dan pejalan kaki,kami langsung menuju arah hiker biker sesuai petunjuk arah. Di campground kami tertulis hiker biker campground yang terletak dikerimbunan pohon pohon besar,hanya ada kami berdua di bagian hiker biker camp sedangkan di bagian RV camp terlihat berisi penuh.
Tenda langsung aku kembangkan,udara mulai terasa dingin,lalu aku pergi mandi yang berjarak 50 meter dari tenda kami.
kiri kanan camping ground

Kamar mandi bagus dan bersih tapi ternyata untuk shower harus beli koin dimesin khusus seharga us $1 untuk 6menit lalu aku beli 2 koin agar tidak kehabisan air selagi aku sabunan nanti,ternyata aku cukup hanya memakai satu koin atau 6 menit sudah selesai mandinya. Aku spekulasi nanti di campground berikutnya tentu bisa digunakan lagi,tapi belakangan setelah di camp ground Oregon aku ketahui koin tersebut tidak bisa digunakan,ternyata hanya bisa digunakan di negara bagian Washington saja,jadilah koin kelebihan ini sebagai sovenir saja lagi.
Makan sore aku gunakan sandwich tadi siang dan pisang serta susu segar yang aku beli di grosery sebelumnya,selagi santai makan aku lihat mobil Ranger lewat dan menghampiriku,dengan ramah dia memberi salam selamat datang padaku lalu menanyakan ticket untuk camping,setelah aku tunjukan ticketnya lalu dia bilang supaya ticket tersebut di letakan di sign board yang ada di depan. Malam pertama di camping ground ini tidurku tidak terlalu nyenyak karena rasa dingin di malam hari. Aku lihat internet untuk menghabiskan waktu ternyata tidak ada signal..ooh...sampai pagi aku tidak bisa tidur nyenyak mungkin diganggu rasa dingin dan pengalaman baru camping di USA.
5 agust,Lewis &clark state park to clatskany.(warmshower Daniel canray).
Dengan beberapa pertimbangan dan masukan dari para peturing sepeda yang berpengalaman di route usa ini maka hari ini aku memutuskan untuk merobah route perjalananku yang tadinya menuju ke victoria dan portland tapi sekarang akan berbelok di daerah Kelso dan lurus di daerah Longview hingga Astoria, dengan pertimbangan daerah pantai barat ke arah Astoria dan menyusuri Columbia river yang bersejarah dalam xpdc Lewis and Clark tentu akan lebih menarik dibandingkan jalan melewati  kota Portland yang notabene lebih sibuk. Kesibukan kota tidaklah terlalu menarik bagiku untuk dikunjungi dengan sepeda.
Warmshower didaerah victoria yang sudah aku confirmasi datang pada hari itu mengharuskan aku untuk menelpon pembatalan dengan alasan ada perubahan route mendadak ke arah Astoria,Robert warden yang berada di vancover begitu juga warmshower Michelle fuhriman yang berada di Newberg oregon,Alhamdulillah mereka semua memahami alasan pembatalanku dan Michelle memberi pesan di emailnya apabila suatu waktu kekotanya jangan ragu untuk mampir ke rumahnya.
elok ke Astoria
Country road didaerah Toledo relatif agak kecil jalannya tapi mulus dan jarang tanjakan,pagi yang cerah,sekali sekali ada kendaraan lewat dengan mobil pick up sederhana mereka sering melambaikan tangannya kearah kami aku rasa mereka adalah petani petani lokal,beda sekali suasananya dengan daerah perkotaan seperti seattle ataupun Auburn jalanan sibuk dan kendaraan kencang mana sempat untuk bertegur sapa seperti di pedesaan ini,lalu rumah penduduk atau petani jauh di tengah lahan pertanian jarang sekali posisi  rumah petani ini dipinggir jalan. Lahan pertanian yang luas sering ditulis "private property " atau "no trespassing" kalau sudah begini siapa yang berani melintas keterlaluan,bisa bisa dibidik senjata api dari jauh...doooor...aku terbayang film cowboy..hehe.
No service here....kata si Gery padaku,aku berpikir apa maksudnya...ooh rupanya no internet service didaerah ini...ya sejak kemarin kami belum bisa dapat signal internet sehingga google map dengan off line pun susah didapat sehingga kami menentukan arah sepeda dengan kira kira saja kearah selatan akhir nya sampai di Toledo country kota kecil yang punya satu grocery ada satu gas station ada barbershop,ada bar dan coffe shop,kami mampir ke Grocery dan membeli secangkir kopi seharga 90sent dan setangkup sandwich dengan telor,aku check signal internet juga lemah, hilang timbul akhirnya kami pergi ke Library yang ada disebrang jalan,

Toledo County
cek free wife dari library

Gery coba cek free wife dari library tersebut ternyata juga lemah tidak bisa untuk menjalankan google map. Kami bertanya pada penduduk untuk keluar dari kota kecil ini untuk menuju arah ke custel rock,akhirnya dengan kami kembali kearah pertigaan sebelum Toledo menuju road 505 dari sini terlihat penunjuk arah ke custel rock,kami jalan dengan kecepatan ratarata 20kmh rasa kecepatan yang sedang sehingga aku sempat melihat lihat suasana sekitar tidak berapa jaugh dari Toledo aku melihat seorang gadis muda berpakaian cowgirl sedang bermain Laso,aku panggil Gery yang duluan didepanku untuk berhenti sebentar melihat permainan laso cewek tersebut,aku menyapanya dan minta izin menonton dan memvideokan permainan lasonya,dengan ramah dia mengizinkan dan memperagakan permainan lasonya dengan tangkas,aku sempat mencobanya tapi tidak pernah bisa..sulit rupanya..dari pembicaraan dengan "Lailana" si cowgirl yang cantik ternyata dia atlit permainan laso dan siang nanti akan ada competisi di daerah Toledo ini. Dari tadi anjing segede bagon mutar mutar dekat kakiku,anjing jenis Rottweiller kelihatan sangar mengelilngiku,aduh jadi cepat cepat angkat kaki rasanya......Leliana menawari kami untuk ngopi lebih dulu tapi kami katakan terimakasih karena takut kemalaman sampai di clatskanie dan juga takut lihat anjingnya....hehehe
dijaga anjing Rottweiller

Cuaca mulai terasa panas dan jalan ke custel rock sedikit agak menanjak dan sekitar jam 13pm kami sampai di kota custel rock,disatu tanjakan sewaktu masuk kota terlihat disebelah kiri pusat perbelanjaan disitu ada beberapa restoran,fast food lalu sepeda kami belokan ke situ dan parkir disatu gazebo.Kami istirahat disitu sambil memesan "Papi pizza" yang aromanya menggoda perutku sejak masuk daerah ini. Aku pesan pizza ayam dengan ukuran midium seharga us $11.99,aku menunggu pesanan dimasakan selama 10menit,selagi menunggu aku tanya mau beli pepsicola dingin pada pelayan dan ternyata minuman itu gratis,..
ukuran midium bisa dua kali makan

Lalu dengan sukacita seperti musafir dipadang pasir yang ketemu air aku isi gelas pepsi yang besar itu dengan minuman pepsi dingin sampai penuh lalu aku tenggak terasa nikmat dan sejuk sekali lewat kerongkonganku yang sudah mengering....Alhamdulillah. pizaa yang aku pesan aku cicipi terasa lezat sekali namun porsi midium ini tidak bisa aku habiskan mungkin kekenyangan oleh minuman pepsi dua gelas besar tadi,kelebihan pizza aku bungkus untuk makan sore nanti.

istirahat dengan ice cream
 Kami lanjutkan perjalanan dipanas yang mulai terik tersebut kearah Longview dan akhirnya bertemu dengan jembatan Lewis and clark bridge melintasi Columbia river yang membatasi negara bagian Washington dengan Oregon.
Aku pencet tombol yang ada sebelum memasuki jembatan lalu lampu hazard untuk memberi tahu ada pengendara sepeda akan berkedip,mereka yang mengendarai mobil akan berhati hati melewati sepeda kami. Ditengah jembatan ada tanda perbatasan antara Washington dan Oregon tapi kami tidak berfoto disini karena kurang menarik dan agak membahayakan pengendara lain.

Entering Oregon/border Washington -Oregon
Satu mobil trailler mengikutiku dari belakang dan diikuti mobil mobil lainnya,rasanya tidak nyaman dikuntit kendaraan lain dari belakang lalu aku berhenti dan persilahkan mereka mendahuluiku. Sekali sekali aku melirik kearah sungai dan terlihat ada kapal kapal cargo dan kayu sedang berlabuh walaupun jauh memandang kebawah tapi udara yang cerah membuat indahnya pendangan di columbia river yang sangat lebar tersebut.
Puas rasanya bersepeda dijembatan yang cukup panjang ini aku sampai diujung jembatan dan aku sekarang sudah masuk di negara Oregon.
kelihatan jembatan lewis and clark

Diujung jembatan masuk ke jalan yang mulai nanjak aku terus berusaha mendayung agar tidak mendorong sampai ke Highway 30 dan akhirnya disatu puncak over view aku berhenti istirahat sambil memandang ke arah jembatan lewis and clark dengan latar belakang negara bagian Washington dan samar kelihatan gunung.st Helen yang memutih bersalju di washington.

Belok ke Clutskanie
 Jalan ke Clatskanie tidak begitu menanjak tapi jalannya agak kecil namun pengemudi di daerah ini seperti santun dengan para pesepeda,menjelang sampai di rumah Daniel aku yang berada di bagian depan dikejar oleh anjing herder sebesar induk kambing layaknya,aku pontang panting mengayuh sepeda sekuatnya,Alhamdulillah aku lolos,ternyata anjing yang mengejar terkurung dipagar rumah...aduh copot jantungku kaget.... .aku menunggu Gerry,...masih terdengar gonggongan anjing itu pasti gerry yang digonggong. Tidak berapa jauh kami sampai dirumah Daniel di Clatskanie,sayang orangnya tidak ada tapi kami sebelumnya sudah diizinkan untuk masuk rumahnya yang tidak dikunci,aku begitu terkesan dengan ketulusan Daniel untuk mengizinkan kita menginap dirumahnya,dia bilang dalam pesannya "aku sangat mengerti bagaimana sulitnya menjadi bikepacker,jadi silahkan istirahat dirumahku,mandi dan makanlah seperti apa adanya"....
Rumah Daniel di Clutskanie
 Daerah yang sepi dan sunyi,memasuki gerbang terlihat Rumah cat hijau dengan halaman yang luas,hijau dengan bunga dan pohon pelindung,didepan rumah ada garage yang terbuka dengan peralatan bengkel,terlihat mesin rumput tua dan mesin mesin mobil ada disitu,disamping rumah ada satu pelataran dengan hiasan tulisa tulisan dan gambar gambar seperti di Tibet,agak kelapangan dibawah pohon ada tempat bakaran yang dekelilingi lima tempat duduk dari potogan kayu,perasaan ku terbawa pada tempat ritual pada film film horor.

tulisan dan gambar?
Gerry mencoba memanggil manggil "hello,any body home?" tapi tidak ada jawaban,lalu garry mencoba buka pintunya ternyata memang tidak dikunci sebagaimana dikatakan Daniel,aku masuk rumah dengan Gerry,rumah yang bersih dengan dua kamar tidur dan terawat,terlihat dekat pintu ada patung dengan senjata tombak dan perisai dilemari buku ada terpajang foto seorang laki laki kulit putih kira kira usia 60tahun bersama seorang anak laki laki 7tahunan,dekat ruang makan ada sebuah meja bundar disitu terlihat ada patung budha dan foto laki laki mungkin ini adalah tuan rumah Daniel,inilah meja yang dipesankan agar tidak di ganggu.

Dibelakang rumah ada teras dari kayu dan ada kursi untuk santai melihat hutan belakang rumah,diteras belakang ada beberapa tanaman di pot,sewaktu aku amati aku jadi kaget ternyata tanaman tersebut adalah Mariyuana atau ganja,aku panggil Gerry untuk melihat ini,tapi Gerry tidak kaget,lalu aku tanya dia "apakah tanaman mariuna ini boleh di USA,gerry memberi tahu beberapa negara bahagian melegalkan tanaman mariuana imi dan beberapa lagi melarangnya dan negara bagian Oregon ini ternyata melegalkannya tetapi tidak boleh dibawa keluar,Gerry sendiri bercerita bahwa dia mempunyai saudara dengan bisnis sebagai petani ganja danitu legal karena dianggap sebagai obat dengan syarat syarat tertentu.

Maryuana

Pakaian kotor yang terkumpul selama beberapa hari ini aku cuci dengan mesin cuci kemudian kami memasak mie instant yang tersedia dilemari tuan rumah.
Diruang tamu ada telpon lalu Gerry mencoba menelpon Daniel dan sewaktu diangkat Gerry mengatakan bahwa dia sudah berada dirumah dan terimakasih atas semuanya ini,lalu Daniel menjawab semoga kamu senang dirumahku dan besok kalau berangkat tolong ditutup saja pintunya,begitulah pesannya.
Malam itu Gerry tidur di kamar tuan rumah sedangkan aku memilih di sofa ruang tamu dekat dengan patung pakai tombak yang akhirnya aku tutupi kepalanya pakai handuk agar tidak kaget waktu bangun nanti..hehe...
Alhamdulillah hari ini aku sudah diberi tempat oleh Allah walaupun tuan rumahnya penuh misteri sampai saat ini.(Bersambun 6)