Pages

Friday, May 1, 2015

10.TOUR de ASIA_MEMASUKI KUALA LUMPUR

Saatnya kami melanjutkan perjalanan dari rumah pak Ngah di tasik sepat menuju Kualalumpur.
Ada perasaan haru saat kami akan berangkat meninggalkan rumah pakngah,tiga malam bersama keluarga yang ramah meninggalkan kesan yang sangat mendalam dihati kami dan saatnya kami harus pergi dan tidak tahu kapan bisa jumpa lagi,aku berdoa semoga keluarga pakngah diberi segala kemudahan...amiin
Bersama PakNgah dan Ibu Rose
Sampai ketemu lagi Sungai Pelek
Dengan diantar oleh pak ngah kami menuju ke jalan raya,belum sempat 1km mengayuh,ban belakang sepeda joker bocor,kami kembali kerumah untuk tambal benen lalu lanjut mendayung lagi kearah sepang.

Tambal benen dirumah pak ngah

Udara cerah kiri kanan jalan didaerah Lukut banyak sekali kebun sawit.Istirahat makan siang di kota Salak di sebuah warung masakan Jawa,sewaktu akan berangkat melanjutkan ke arah putra jaya kami ragu menentukan 2pilihan jalan kearah kajang atau bangi,akhirnya kami ke Kajang,tapi rasanya kami sedikit mengambil resiko karena masuk jalan tol yang penuh mobil kencang . Perasaanku kecut juga sewaktu menyebrang kalau ada diantara kami insiden di jalan tol ini.

di depan Putra Basikal diapit Aziz Basrom dan Akmal

Pak Aziz basrom menghubungi telpon celulerku dan memandu perjalanan kami kearah universitas putra jaya malaysia,ditambah bantuan gps dari joker yang disetiap persimpangan dibukanya akhirnya kami temukan Upm
 di daerah serdang lebih kurang 20km dari pusat kota Kuala lumpur.
Di gerbang universitas Putrajaya Malaysia terlihat merek besar "putra Basikal" kami di lambai dan silahkan masuk oleh pak Aziz masron.
Ruangan showroom dan workshop besar juga,sepeda bekas berjejer di samping workshop ada juga sepeda yang sedang di service,sepertinya konsumennya banyak dari kalangan mahasiswa namun tidak terbatas disitu para pecinta sepeda di KL nampaknya mengenal bike shop ini.

Dari beberapa sticker yang ditempel di billboard terlihat macam macam expedisi dan biketouring manca negara,aku juga diminta menempel sticker Tour de Asia kami disitu,
Tempat ini bisa dibilang persinggahan para peturing peturing asing dan lokal di Malaysia,dan setiap ada peturing asing yang masuk Malaysia biasanya ditampung gratis dikamar yang cukup mewah untuk standard pengelana atau bikepacker.
Akmal 26tahun yang bertubuh tinggi gempal dan berjambang dengan perawakan timur tengah adalah bos putra basical,sepintas terlihat menyeramkan tapi begitu menyapa kami terlihat kelembutan dan keramahannya,dia juga berpengalaman sepeda jarak jauh dan mechanic sepeda yang handal sehingga obrolan kami sangat nyambung dan aku mendapatkan informasi yag bagus mengenai dunia sepeda.

Dengan ramah Akmal menunjukan kamar untuk kami nginap, semuanya disediakan gratis oleh teman teman cyclist Malaysia untuk peturing asing/long distance cyclist yang tercatat dalam book record mereka,mereka selalu memantau kami dan siap memberikan bantuan kalau diperlukan,begitulah loyalnya teman teman yang baru aku kenal ini,kami merasa aman disini. Insyallah besok kami akan ke Kbri menemui dubes untuk penyerahan plakat yang dititip wako pekanbaru dan menanyakan pengurusan visa kami ke cina.
Kami dengan Prof Johari dan Pak Ali

Pak Ali dan pak Johari hamid yang tinggal jauh di kuala kubu 80km dari Kualalumpur mendatangi kami,dari sore tadi terus menungu kedatangan kami karena ingin berjumpa dengan kami,Pak Ali seorang bapak muda yang ramah aku kenal melalui FB,dia datang khusus menemuiku dan menawarkan appartement kosongnya yang bisa kami tempati selama di Kualalumpur nanti,tawaran yang keluar dari keikhlasannya membuat hatiku terenyuh,aku beritahukan beliau kemungkinan kami akan nginap di KBRI malam besok,dan Pak Ali memberikan nomor teleponnya seandainya ada perobahan untuk menginap,bisa hubungi beliau lagi.
Pak Johari Hamid yang datang dan menunggu kami dari tadi dengan anaknya ternyata adalah seorang dosen di Universitas Malaysia belakangan aku ketahui beliau adalah seorang Profesor. Aku begitu terkesan dengan kerendahan hatinnya dengan mau menunggu kami yang orang asing dan bukan apa apa,tapi beliau mengatakan "saya ingin menambah sahabat dan sangat terinspirasi dengan semangat bapak bapak bertiga ini dan ingin juga melakukan petualangan seperti bapak".
Selain kami ada lagi satu tamu Terje Olav bikepacker dari Norwegia yang sedang nginap disitu,kami agak kesulitan mengingat namanya sehingga kami memanggilnya dengan si "Viking" sehingga gampang diingat.
Terje "Viking" seorang peturing dari Norwegia kemudian menemukan jodohnya dengan gadis Thailand dan menetap di Hat yai sejak 2 tahun lalu dan turingnya kali ini dimulai dari hat yai sampai Kualalumpur saja kemudian kembali lagi ke Hat yai meneruskan kehidupannya sebagai seorang petani di Hat Yai Thailad,aku takjub mendengar perobahan hidupnya dari seorang yang berkecukupan di Norweigia kemudian pergi berkelana dengan sepeda selama dua tahun kemudian menambatkan hatinya di benua Asia membangun keluarga sebagai seorang petani,dari obrolan kami aku melihat dia menemukan kebahagiaannya dengan kehidupan barunya.
Sahabat baru yang kutemui seakan sekolah baru yang mengajarkan dan membuat aku makin mengerti bahwa sesungguhnya harta dan kemewahan bukan jaminan membahagiakan seseorang,tapi tempat yang sederhana dan seadanya membawanya pada ketenangan hidup,tapi sampai kapan dia bisa bertahan dengan kebahagian baru itu..?
Restoran Putra Jaya

Sore aku,Joker,opung,viking dan Prof Johari diajak makan malam oleh Akmal,kami bersepeda sekitar 2km menuju restoran pakistan ,aku memesan garlik chess,Roti Nan dengan Curry serta minuman Moca dingin dengan coklat toping yang rasanya sangat khas,restoran sederhana dengan masakan yang istimewa.
Jam 21.30 kami kembali pulang dan Prof Johari yang dari tadi bersama kami pamitan sambil meberikan uang RM50 ke masing masing kami,subhanallah...aku tertegun dengan perasaan antara senang dan terharu dan beliau berucap "ambilah ini karena saya sudah berniat" aku menjawab "terimakasih pak Jo semoga Allah membalas dengan segala kebaikanNya"